0 %
FCK_3128
Inspiration | 20/04/2017

Perjalanan Revalina S Temat Berhijab

by: Anastasia Gretti Schender

Sosok Revalina S. Temat sebelumnya terkenal sebagai model dan bintang sinetron papan atas. Namun sejak memutuskan menikah pada 15 Maret 2015, nama Revalian seakan menghilang dari dunia hiburan. Wajah cantiknya hanya sesekali wara-wiri di layar perak sebagai aktris. Tak ada lagi Revalina di layar kaca sebagai bintang sinetron.

Perubahan drastis mulai terlihat di akun Instagram @vatemat sekitar sebulan belakangan. Revalina kini telah berhijab. Bagaimana perjalanan Revalina berhijab? Apa makna hijab bagi seorang Revalina?

Ternyata tak ada proses yang dramatis dalam keputusan Revalina menutup aurat. “Nggak ada sih ya, biasa saja. Nggak yang mimpi apa atau ada peristiwa apa,” ujarnya santai. Revalina mengakui dorongan berhijab sudah lama datang dari ayahnya. Namun ketika itu Revalina hanya menjawab, “Belum, Pa.”

Sepulang menunaikan umroh belum lama ini, Revalina sudah meniatkan dalam hati untuk tidak lagi melepas hijab yang dikenakannya selama beribadah haji kecil ini. Bagaimana rasanya berhijab, Va? “Alhamdulillah, biasa saja ya,” katanya tertawa. Revalina bersyukur tidak mengalami keluhan-keluhan seperti panas, gerah, dan semacamnya. Beruntung, Revalina sudah berulang kali mendapatkan peran wanita berhijab, antara lain dalam film Perempuan Berkalung Sorban (2009), Hijrah Cinta (2014), dan Assalamualaikum, Beijing (2014). Pengalamannya di tiga film ini memudahkan Reva saat akan berhijab betulan.

Perubahan Reva ditanggapi positif oleh lingkungan sekitarnya seperti keluarga dan sahabat. Saking positifnya bahkan mereka tidak merespon apa-apa. “Sama sekali nggak ada yang bahkan nyeletuk, ‘oh, udah pake nih?’ Terutama Papa, nggak ada komentar apa-apa. Mungkin karena Beliau sudah nyuruh dari dulu ya,” kata wanita kelahiran 26 November 1985 ini. Hal ini  disyukuri Reva karena dengan demikian transisinya berhijab berjalan semakin mudah.

Reaksi keras justru datang dari suami tercinta, Rendy Aditya Gunawan. Suaminya berulang kali menanyakan kesungguhan Revalina berhijab, bahkan meminta Reva untuk menunda keputusannya agar Reva dapat berpikir lebih matang lagi. Namun Reva tetap bergeming, hatinya telah teguh dan mantap, tekadnya sudah bulat. Usut punya usut, Rendy sengaja bersikap demikian untuk menjadi ‘batu sandungan’ pertama Reva, agar keputusan yang Reva ambil benar-benar matang. Dia tak ingin Revalina berhijab hanya ikut-ikutan atau bongkar-pasang karena bosan. Bagaimana sikap suami sekarang? “Alhamdulillah suami aku dukung banget. Salah satunya dengan nambahin budget belanja baju,” ujar Reva seraya tertawa.

Perjalanan Revalina S temat

shop-here-button-05

Makna Berhijab bagi Revalina S. Temat

Revalina S. Temat, aktris sinetron yang kini merambah layar lebar ini memutuskan berhijab sekitar sebulan silam. Keputusannya berhijab datang begitu saja. “Mungkin memang sudah waktunya saja,” ujar Reva bijak. Perubahan banyak dirasakan ibunda dari Rihga Sadiwasakti Rabbani ini sejak memutuskan menutup aurat.

Reva mengaku merasa lebih tenang. HIjab juga menjadi pengingat sekaligus ‘rem’ dalam menjaga tingkah lakunya, terutama memilih pekerjaan. Contohnya perihal salat. “Kalau dulu aku gampang banget ninggalin salat. Ya sudah saja gitu. Kalau sekarang, ketika mulai malas salat, aku rasanya malu sama hijabku. Alhamdulilah, sejak berhijab, perilaku semakin terjaga, ibadah juga semakin giat,” ujarnya blak-blakan.

Selain hijab, kehadiran Rihga juga menjadikan Revalina makin selektif mengambil tawaran pekerjaan. Revalina tak lagi mengambil sinetron striping dengan jam kerja dari pagi ke pagi. Revalina lebih suka bermain FTV atau layar lebar yang lebih fleksibel dan tidak memakan waktu terlalu lama. Revalina juga selalu mengusahakan lokasi syutingnya cukup nyaman untuk Rihga. “Aku selalu usahain bawa Rihga kalau kerja. Tapi aku lihat-lihat juga, kalau sekiranya Rihga nggak nyaman, atau lokasinya kurang ramah buat anak-anak ya Rihga nggak aku bawa,” urai Revalina.

Revalina mengakui awalnya keraguan sempat menghinggapi dirinya sebelum berhijab. Alasannya klasik, pertimbangan karier. Namun perjalanan rekan-rekan artis sedikit-banyak memantapkan hati Revalina. “Lagipula, kenapa harus takut rezeki berkurang? Allah kan sudah mengatur segalanya. Nggak mungkinlah rezeki dikurangi sama Allah karena kita menjalankan salah satu kewajibanNya,” kata Reva dengan bijak. Buktinya, sejak bekrhijab tawaran pekerjaan bukannya surut malah kian mengalir. “Ini salah satu buktinya, sekarang aku bisa kerja sama dengan HIJUP,” ujar bintang sinetron Bawang Merah, Bawang Putih ini.

Revalina tak merasa keputusannya berhijab sebagai sesuatu yang istimewa. Sebab dia merasa dirinya hanya menjalankan perintah Allah Ta’ala. “Apalagi aku baru sebulan, masih baru banget. Belum ada apa-apanya,” katanya merendah. Berkaca dari pengalamannya yang sempat ragu-ragu mengenakan hijab, Reva berpesan agar para muslimah yang belum berhijab segera menjemput hidayahnya.

Perjalanan Revalina S Temat Berhijab

shop-here-button-05

“Jangan hanya menunggu, segera jemput hidayahmu. Hidayah itu bukan ditunggu, tapi hidayah itu yang menunggu kesiapan kita. Insya Allah kalau kita berusaha dalam kebaikan, Allah akan mudahkan jalannya. Mohon doanya agar aku bisa terus istiqomah, karena aku masih baru banget. Masih banyak yang harus aku sempurnakan dari diri dan hijabku saat ini,” tutup Reva tersenyum manis.

Share this article

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>